Headlines News :
Home » , , » Pasca Diperkenalkan MPASI Bayi Rentan Sakit? Mungkin Ini Sebabnya Perlu Anda Ketahui

Pasca Diperkenalkan MPASI Bayi Rentan Sakit? Mungkin Ini Sebabnya Perlu Anda Ketahui

Written By Media Utama Net on Monday, April 21, 2014 | 5:26 PM

Pasca, Diperkenalkan, MPASI, Bayi, Rentan, Sakit
Jakarta, Setelah diberikan air susu ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan, bayi biasanya akan mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Selama proses perkenalan ini, pilihlah makanan yang tepat agar daya tahan tubuh bayi tetap kuat.

"Selama proses pemberian MPASI, belum tentu pemberian ASI berhenti, justru tetap harus diberikan. Kalau bayi jadi rentan sakit, mungkin karena proses perkenalannya kurang tepat," papar salah satu konselor 'Rumah Menyusui' RS Budi Kemuliaan Jakarta, dr Hikmah Kurniasari, MKM, saat berbincang dengan detikHealth di sela-sela peresmian 'Rumah Menyusui' yang diselenggarakan di RS Budi Kemuliaan, Jl Budi Kemuliaan, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Menurut dr Hikmah, ada sebagian ibu yang berpikir MPASI ideal hanya buah-buahan saja, sehingga tidak memberikan cukup asupan protein pada sang buah hati. Padahal seharusnya bayi juga mendapatkan asupan gizi seimbang yang terdiri atas karbohidrat, sayur, buah, dan protein.

Sumber karbohidrat bisa didapat dari singkong, ubi, jagung, dan kentang, sementara sumber protein bisa didapat dari daging merah atau ikan teri yang dihaluskan. "Yang penting untuk bayi usia di bawah 1 tahun jangan diberi tambahan garam, agar bayi belajar mengenal rasa asli makanan," lanjut dokter yang juga tergabung dalam keanggotaan Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) ini.

Untuk sayur dan buah, dr Hikmah berpesan agar ibu memilih sayur-sayuran atau buah-buahan berwarna jingga. Alasannya, asupan ini kaya akan vitamin A yang sangat penting untuk bayi. Tahap awal pemberian ASI, disarankan ibu untuk membuat bubur yang terbuat dari tepung beras, kemudian diberikan perahan ASI.

"Supaya bayi bisa mengenal rasa, pagi misalnya berikan bubur nasi, siang bayam rebus yang dilumatkan, kemudian malam ayam rebus yang dihaluskan. Jadi jangan yang itu-itu saja setiap makan, misalnya pagi siang, siangnya pisang lagi. Sambil dilihat respons bayi terhadap alergi makanan selama 3 hari pemberian," pesan dr Hikmah.

Pengenalan rasa dan variasi gizi dinilai menjadi faktor penting dalam perkenalan MPASI. Jika sebagian ibu beranggapan masa-masa perkenalan MPASI membuat bayi rentan sakit, menurut dr Sylvia Haryeny, IBCLC, itu bisa jadi karena pemberian ASI-nya yang dikurangi oleh ibu.

"ASI kan mengandung komponen anti-alergi, anti-tumor, dan disinfektan," sambung dr Sylvia, yang juga merupakan salah satu konselor dari SELASI kepada detikHealth.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MEDIA UTAMA NET - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template