Headlines News :
Home » , » Belum Diketahui Sebabnya, Begini Cara Tepat Antisipasi Kanker Testis

Belum Diketahui Sebabnya, Begini Cara Tepat Antisipasi Kanker Testis

Written By Media Utama Net on Monday, April 21, 2014 | 3:26 PM

 Cara, Antisipasi, Kanker, Testis, kesehatan Melbourne, Seorang pakar dari Australia mengatakan cedera pada testis akibat hobi bersepeda atau memakai celana ketat ternyata tidak menimbulkan risiko kanker. Namun kanker testis tetap bisa menghantui. Lalu bagaimana cara mewaspadainya?

"Kanker testis itu relatif jarang meski angkanya belakangan mulai meningkat. Kebanyakan penderitanya pria muda dengan usia berkisar antara 15-39 tahun," papar Profesor Guy Toner, konsultan onkologi dari Peter MacCallum Cancer Centre, Victoria seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (21/4/2014).

Namun sayangnya tak ada riset maupun pakar yang berhasil menemukan penyebab pasti kanker yang menyerang 'pabrik sperma' ini.

Hanya saja menurut Toner ada sejumlah teori spekulasi tentang hal ini. Sebuah studi mengatakan ibu yang merokok saat mengandung dapat meningkatkan risiko testis pada calon putranya.

Ada juga yang berspekulasi tinggi-rendahnya kadar hormon yang terpapar pada si janin ketika masih dalam kandungan dapat mempengaruhi risiko kanker testisnya di kemudian hari.

Kendati begitu, ada sejumlah faktor yang diketahui ada kaitannya dengan peningkatan risiko kanker testis, antara lain:

1. Testis tidak turun dan cacat kelamin sejak lahir
Pria yang terlahir dengan kondisi testis tidak turun (undescended testicle) berpeluang lebih tinggi untuk terserang kanker testis

Begitu juga dengan pria yang sejak lahir mengidap gangguan pada alat kelaminnya seperti hypospadia. Kelainan ini dicirikan dengan mulut uretra atau saluran kencing yang tidak pada tempatnya, atau berpindah ke bawah penis.

2. Turunan atau lingkungan
Bila ayah atau kakak laki-laki Anda mengidap kanker testis, maka Anda juga berpeluang untuk memilikinya. Namun Toner mencatat, risikonya lebih besar bila saudara Anda yang kena ketimbang bila ayah Anda yang mengidap penyakit tersebut, sehingga ada kemungkinan faktor lingkungan lebih berpengaruh ketimbang genetik.

Lagipula Toner mengungkap sebagian besar penderita kanker testis mengalaminya bukan karena faktor turunan.

3. Etnis Kaukasia
Sebuah studi mengungkap risiko kanker testis lebih sering menyerang etnis tertentu, yaitu Kaukasia, terutama yang berusia antara 14-50 tahun.


Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MEDIA UTAMA NET - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template